Kandungan Sunnah Rasul SAW

7 Mei

As Sunnah adalah referensi kedua setelah Al Qur’an, ia juga merupakan sumber petunjuk kedua yang akan tetap terpelihara. Petunjuk itu akan terus mengalir ke dalam lapangan syari’ah, hukum dan fiqh, da’wah, pendidikan dan melandasi seluruh sektor kehidupan manusia. Dalam As Sunnah telah termaktub ajaran yang bersifat:
o Universal (syumuliyah), yaitu mencakup seluruh lapangan kehidupan manusia beserta dimensinya: ruh/hati, akal dan jasadnya serta dalam dimensi waktu: dahulu, kini ataupun mendatang, juga petunjuk hubungan vertikal (Allah swt) dan horisontal yaitu alam seisinya.
o Berimbang antara kebutuhan ruh dan tubuh, antara akal dan hati, antara dunia dan akhirat, antara teori dan praktik, antara yang nyata dan ghaib, antara kebebasan dan tanggung jawab, antara individu dan masyarakat, antara mengikuti dan berkreasi.
o Mudah, sebagaimana hadits: “Sesungguhnya Allah tidaklah mengutusku untuk menyulitkan dan mencari-cari kesulitan, tetapi Dia mengutusku untuk mengajar dan memudahkan” (HR Muslim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: