Apakah itu hadits muttashil?

29 Agu

Muttashil artinya bersambung, yaitu satu hadits yang bersambung sanadnya, maupun hadits itu sampai kepada Nabi saw, atau sampai kepada sahabat Nabi saw. Hadits muttashil boleh juga disebut dengan hadits maushul

Dengan kalimat lain juga bisa dikatakan bahwa hadits muttashil atau maushul adalah hadits yang sambung sanadnya, baik terus naik kepada Nabi saw (marfu’) ataupun terhenti pada sahabat (mauquf) atau orang yang berada di bawahnya (maqthu’). Yang dimaksud dengan orang di bawah sahabat adalah tabi’in. Jika sanad yang bersambung-sambung itu terhenti atau hanya berakhir sampai pada tabi’in saja disebut maqthu’,  bukan muttashil mutlak.

Dikatakan sanad bersambung apabila masing-masing rawi dapat langsung mendengar dari gurunya atau mendapat ijazah darinya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa hadits marfu‘ itu kadangkala muttashil (bersambung) dan kadangkala terputus. Hadits muttashil adakalanya marfu‘ dan adakalanya tidak marfu’. Sedangkan hadits musnad lebih luas dari keduanya, yaitu sekaligus ia muttashil dan marfu‘.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: