KLASIFIKASI SUNNAH BERDASAR AKTIVITAS NABI SAW

29 Agu

Sunnah qauliyah

Dilihat dari peri kehidupan Nabi saw dengan segala bentuk aktivitasnya yang semuanya senantiasa menjadi suri teladan yang terbaik, maka sunnah yang berupa ucapan dari beliau diistilahkan dengan sunnah qauliyah, yaitu perkataan-perkataan yang beliau ucapkan dalam berbagai perkara/urusan. Seperti sabda Nabi saw:

“Sesungguhnya amal-amal perbuatan itu dengan niat, dan hanya bagi setiap orang itu memperoleh apa yang ia niatkan…dan seterusnya.” (HR Bukhari dan Muslim)

“Perhatikan tiga hal, barangsiapa yang sanggup menghimpunnya, niscaya akan mencakup iman yang sempurna, yakni jujur terhadap diri sendiri; mengucapkan salam perdamaian kepada seluruh dunia, dan mendermakan apa yang menjadi kebutuhan umum.” (HR Bukhari)

“Termasuk hal yang dapat menyempurnakan keislaman seseorang ialah kerelaannya untuk meninggalkan apa yang tidak berguna.” (HR Bukhari)

 

Sunnah fi’liyah

Kemudian sunnah yang berupa perbuatan Nabi saw, diistilahkan dengan sunnah fi’liyah, yaitu perbuatan Nabi saw mengenai suatu perkara. Misalnya beliau melakukan shalat lima waktu lengkap dengan tata caranya, rukun-rukunnya, dan sebagainya.

Dalam hal ini Nabi saw bersabda: “Shalatlah seperti engkau melihat aku melakukan shalat” (HR Bukhari).Mengenai pelaksanaan ibadah haji, beliau mengajarkan: “Ambillah daripadaku manasik hajimu.” (HR Muslim, Ahmad dan Nasa’i).

Sekalipun hal tersebut berupa ucapan beliau, namun hadits tersebut masuk dalam katagori sunnah fi’liyah. Karena ucapan tersebut dimaksudkan untuk menegaskan hukum (menjadikannya sebagai syari’at) dari apa-apa yang telah dilakukan oleh Nabi saw.

 

Sunnah taqririyah

Adapun tentang persetujuan (taqrir) beliau terhadap perbuatan ataupun ucapan sahabat, diistilahkan dengan dengan sunnah taqririyah. Taqrir, yaitu keadaan beliau mendiamkan, tidak memberikan sanggahan terhadap suatu perkara yang dilakukan oleh sahabat berupa perkataan atau perbuatan, baik hal itu dilakukan di hadapan beliau atau tidak, namun beritanya sampai kepada beliau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: