INSAFNYA SEORANG PENCURI

4 Okt

Suatu malam seorang pencuri menyelinap ke sebuah rumah. Apalagi maunya kalau bukan untuk merampas harta orang lain. Begitu melihat keadaan yang dirasa aman baginya, ia memulai “operasi” dengan mulai mengintip ke dalam rumah yang menjadi targetnya.

Tak disangka, tiba-tiba ia berubah pikiran karena terlihat di dalam rumah tersebut  ada seorang wanita muda. Ia pun berniat hendak menjahili wanita tersebut. Namun sebelum niatnya itu dilaksanakan, ia terhenyak, karena wanita itu membaca Al Qur’an hingga terdengar jelas di telinga si pencuri.

Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun (kepada mereka), dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik. ” (QS Al Hadid: 16)

Mendengar bacaan Al Qur’an ayat tersebut tak disadari ternyata hatinya bergetar. Hati yang keras pun melumer disertai air matanya mengalir deras membasahi pipi. Sehingga tumbuh rasa penyesalan yang dalam atas segala perilakunya selama ini. Ternyata malam itu menjadi titik balik bagi kehidupannya yang kelam menuju cahaya Ilahi.

Sejak itu ia menghentikan perbuatan jahatnya, dan selama dua tahun kemudian ia terus mengembara dari satu negeri ke negeri lain untuk belajar agama ke para ulama. Atas kesunguhannya itu kemudian ia dikenal sebagai ulama hadits. Ia dikenal dengan nama Fudhail bin Iyadh.

Maha Suci Allah, Dzat yang membolak-balikan hati hamba-hambaNya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: