Hadits Pada Periode Keempat dan Kelima

20 Okt

Pada periode keempat, para ulama peneliti hadits mulai mengagendakan menghafal serta verifikasi (pembuktian) sanad hadits mutaqaddimin. Para ulama hadits di abad ini dinamakan dengan ulama muta-akhirin. Ulama hadits pada abad sebelumnya (abad I, II dan III) disebut ulama mutaqaddimin. Ulama muta-akhirin memulai kerja dengan sistem baru, yaitu menghafal hadits-hadits yang sudah terdewan (ter-kodifikasi) itu hingga mencapai ribuan hadits. Kemampuan-kemampuan mereka dalam memelihara hadits ini akhirnya memunculkan gelar-gelar bagi mereka, seperti:

1.      Amirul mukminin, ialah para Imam (ulama) hadits yang menguasai hadits-hadits sehingga tidak hilang darinya melainkan sedikit. Para ulama hadits tersebut seolah-olah sebagai khalifah dalam menyampaikan sunnah. Mereka adalah: Syubah Ibnul Hajjaj, Sufyan Ats Tsauri, Ishaq bin Rahawaih, Ahmad bin Hambal, Al Bukhari, Ad Daraquthni, Imam Muslim.

2.      Al Hakim, yaitu ulama hadits yang menguasai seluruh hadits yang diriwayatkannya, mengetahui biografi para rawinya dengan sifat-sifatnya apakah terpuji (ta’dil) atau tercela (tajrih) rawi-rawinya. Ditambah kemampuan menghafal lebih dari 300.000 hadits beserta sanadnya. Mereka antara lain: Ibnu Dinnar, Al Laits bin Sa’ad (seorang mantan budak/mawali yang buta di akhir hayatnya), Imam Malik, Imam Syafi’i.

3.      Al Hujah, yaitu ulama yang sanggup menghafal 300.000 hadits dengan sanad dan rawinya tentang keadilannya serta kecacatannya juga biografi rawinya. Yang mendapat gelar demikian antara lain: Hisyam bin Urwah, Abu Hudzail Muhammad bin Al Walid, Muhammad Abdullah bin Amr.

4.      Al Hafidz, ialah para ulama hadits yang mengetahui setiap thabaqah (peringkat), mengetahui lebih banyak dari apa yang tidak diketahuinya dan mendalami Ilmu Hadits Hadits Riwayah dan Hadits Dirayah. Mereka banyak menghafal hadits-hadits shahih, mampu menshahihkan sanad dan matan, serta men-ta’dil atau men-jarh-kan rawinya, juga mampu menghafal 100.000 hadits. Mereka adalah: Al ‘Iraqi, Syarafu’ddin Ad Dimyathi, Ibnu Hajar Al ‘Asqalani, Ibnu Daqiqil ‘Id.

5.      Al Muhaddits, ialah ulama yang dapat mengetahui sanad-sanad, kecacatan, nama-nama rawi, kedudukan hadits, memahami kitab-kitab hadits atau mendalami ilmu hadits riwayah dan dirayah, hafal hadits minimal 1000 buah. Mereka antara lain: ‘Atha bin Abi Ribah, Imam Az Zabidi.

6.      Al Musnid/Ath Thalib/Al Mubtadi’/Ar Rawi, yaitu ulama yang meriwayatkan hadits dengan sanadnya, baik menguasai ataupun tidak (hanya meriwayatkan saja).

Selain itu para ulama muta-akhirin mengadakan penyelidikan atau pembuktian tentang kebenaran, kesesuaian dalam sanadnya (verifikasi). Sehingga para ulama mutaqaddimin menjadi sasaran verifikasi oleh ulama muta-akhirin.

PERIODE KLASIFIKASI DAN SISTEMATIKA SUSUNAN KITAB-KITAB HADITS

Periode ini berjalan pada abad kelima dan seterusnya.  Pada periode ini mulai penyempurnaan kitab-kitab hadits oleh para ulama ke dalam klasifikasi sesuai kandungan isinya. Bentuknya ada yang berupa uraian (syarah) atau berupa ringkasan (ikhtishar) terhadap kitab-kitab hadits ulama terdahulu.

Maka lahir kitab-kitab hukum seperti: Sunanul Kubra, karya Abu Bakar Ahmad bin Husain ‘Ali Al Baihaqi; Nailul Authar karya Asy Syaukani. Kitab hadits Attarghib wat tarhib: Dalilul Falihin, karya Muhammad Ibnu ‘Allan Ash Shiddiqi, sebagai syarah kitab Riyadush-shalihin karya Imam Muhyiddin Abi. Bahkan sudah ada usaha menciptakan kamus hadits, seperti: Al Jami’ush-shaghir fi ahaditsi-basyirin-nadzir, karya Imam Jalauddin As-Suyuthi; Miftah kunuzi’ sunnah karya DR. A.J. Winsinc seorang dosen bahasa Arab di Universitas Leiden, dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: