Gencatan Senjata Kemenangan Rakyat Gaza

22 Nov

Pemerintah Mesir mengumumkan kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas pada Rabu atau Kamis dini hari waktu setempat. Pengumuman ini disambut gembira oleh rakyat Palestina yang menganggap ini adalah kemenangan Hamas.

Ratusan orang turun ke jalan, berjalan kaki atau berkendara, menembakkan senjata ke udara dan mengibarkan bendera Palestina. Mereka mengatakan, gencatan senjata ini adalah bentuk kemenangan Gaza atas Israel.

“Allahu akbar.. Rakyat Gaza kalian menang.. kalian menang,” pekik Masjid-masjid seantero Gaza seperti dinukil reuters. “Kalian telah mengalahkan arogansi zionis.”

Gencatan senjata kali ini, menuntut Israel menghentikan agresinya ke Gaza, membuka perlintasan serta blockade Gaza selama ini. Dalam agenda kesepakatan tersebut disepakati penghentian semua bentuk agresi terhadap Gaza, baik dari darat, laut dan udara, termasuk aksi provokasi dan pembunuhan.

Selain itu, Israel harus memberikan kemudahan akses kemanusiaan, bantuan selama 24 jam penuh, sejak ditandatangani kesepakatan gencatan senjata atau sejak jam 9 malam, waktu Palestina. Mesir  sebagai pemrakarsa akan mengawal jalannya kesepakatan antara kedua belah pihak.

Untuk tahap ini ambisi angkara murka Israel yang akan merampas wilayah Gaza gagal total. Pemimpin Hamas, Khaled Meshaal, berbicara di Kairo mengatakan bahwa mereka siap menghargai gencatan senjata, selama Israel juga melakukannya. “Jika Israel mematuhinya, kami mematuhinya. Tapi jika mereka ingkar, maka tangan kami siap berada di pelatuk senjata,” kata Meshaal.  “Mereka gagal, Alhamdulillah. Kami mengakhiri pertarungan ini dengan bangga,” kata Meshaal.

Al hasil, gencatan senjata adalah kemenangan rakyat Gaza, sekalipun pada waktu-waktu mendatang masih akan menghadapi provokasi-provokasi pihak Israel. Sebagaimana dilansir bahwa baru saja menyepakati upaya gencatan senjata, Menteri Urusan Militer Israel Ehud Barak kembali mengancam akan melanjutkan serangan ke Gaza.

”Gencatan senjata dapat berlangsung sembilan hari, sembilan minggu atau lebih. Tetapi jika tidak tahan, kami tahu apa yang harus dilakukan. Dan jika ada tindakan provokasi, kami akan mempertimbangkan untuk melanjutkan serangan militer, kata Barak pada Kamis (22/11) seperti dikutip dari Press TV.

Dia juga menyatakan kesepakatan gencatan senjata bukan perjanjian formal antara rezim Israel-Hamas. ”Ini bukan kesepakatan, itu hanya sebuah kertas yang tak ditandatangani,” tambahnya.

Gencatan senjata dicapai setelah delapan hari pertempuran antara Israel dan pejuang Hamas yang menguasai Jalur Gaza. Pertempuran yang sudah dimulai sejak Rabu (14/11) lalu telah menewaskan lebih dari 160 warga Palestina, lima warga Israel serta sekitar 1.200 warga Palestina lainnya terluka.

Demikianlah bahwa Israel tak akan pernah puas hingga Palestina lenyap dari muka bumi. Aksinya dijalankan dengan mencaplok wilayah Palestina satu demi satu, dengan aneksasi ataupun dengan “hit and run”. Jika aksi rampoknya dianggap brutal, ia bilang sebagai pembalasan, jika telah meraih keuntungan segera kibarkan bendera “perdamaian”.

.. Dari berbagai sumber ..

Berita lain:

Surat Seorang Ibu di Palestina
Hamas: Penangkapan Tokoh Tepi Barat Bukti Kekalahan Israel
Israel Sulap Al-Quds Jadi Barak Militer
Hidayat Nur Wahid: Israel Pantas Diadili ke Mahkamah Internasional
Israel Penjarakan 10.000 Wanita Palestina

Satu Tanggapan to “Gencatan Senjata Kemenangan Rakyat Gaza”

  1. nurahmad007 24/11/2012 pada 11:46 #

    Thanks banget like-nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: