MASA DEPAN UMAT ISLAM

12 Jan

meccaUmat Islam dalam perjalanan ke depannya akan memasuki pintu gerbang kejayaan luar biasa yang tak mungkin digapai oleh selainnya. Keadaan demikian telah diberitakan dalam beberapa hadits yang kredibel. Di antara berita-berita gembira itu adalah sebagaimana diriwayatkan oleh Tamim ad-Dari bahwa ia mendengar  Nabi saw bersabda,

“Islam akan mencapai wilayah yang dicapai siang dan malam. Allah tidak akan membiarkan rumah yang mewah maupun rumah yang sederhana kecuali akan memasukkan agama ini ke dalamnya. Dengan memuliakan orang yang mulia atau dengan menghinakan orang yang hina. Mulia karena dimuliakan Allah dengan Islamnya dan hina karena dihinakan Allah disebabkan kekafirannya”. (HR Ahmad dalam musnadnya dan Al Haitsami dalam Majma Zawaid. Ia mengatakan bahwa hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad dan Thabrani, dan para perawi Ahmad adalah shahih)

Hadits tersebut mengabarkan sampainya Islam ke daerah yang dicapai oleh siang dan malam atau berarti tersebarnya Islam ke seluruh pelosok permukaan bumi, dari perkotaan, pedesaan hingga pedalaman. Hal ini telah tersirat dan tersurat dalam firman Allah swt :

“Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) petunjuk (Al-Quran) dan agama yang benar untuk dimenangkan-Nya atas segala agama..”.  (At Taubah: 33; Al Fath: 28;Ash Shaff: 9)

Pada abad-abad pertama kemunculan Islam telah mengalahkan Yahudi, Nashara, Paganisme Arab, Majusi Persia dan sebagian agama-agama Asia serta Afrika. Namun demikian Islam belum memenangkan atas semua agama, maka kita masih menunggu berita gembira ini,dan Allah swt tidak pernah mengingkari janji-Nya.

Berita gembira ini masih diperkuat dengan hadits senada yang diriwayatkan oleh Miqdad bin Aswad, ia berkata bahwa dirinya mendengar Nabi saw bersabda, “Tidak ada rumah yang mewah maupun sederhana di muka bumi ini yang tidak dimasuki Islam. Dengan memuliakan orang yang mulia atau dengan menghinakan orang yang hina”. (HR Ahmad)

Tak akan bisa dibendung lagi laju gerakan kesadaran ber-Islam yang kian meluas yang akan menjangkau wilayah Timur dan Barat.

“Allah memperlihatkan bumi kepadaku sehingga aku dapat melihat bumi dari bagian timur hingga bagian barat. Kekuasaan umatku akan mencapai semua wilayah yang aku lihat itu.” (HR Muslim dalam al Fitan wa asyratu sa’ah, juga diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Hadits ini menunjukkan akan kuatnya kekuasaan Islam serta keluasan wilayahnya yang tampak seperti melingkupi seluruh wilayah teritorial penduduk bumi. Fenomena demikan pastilah menjamin keamanan  dan kesejahteraan saat itu, sebagaimana Abu Hurairah ra. menyampaikan riwayatnya:

“Tidak akan terjadi hari kiamat hingga tanah Arab kembali ramai dan bersungai-sungai”

Serta Imam Ahmad menambahkan dalam hadits tersebut dengan:

“…dan hingga seorang yang berkendaraan antara Iraq dan Mekah tidak khawatir akan apa pun kecuali tersesat di jalan” (Hadits ini diriwayatkan Imam Muslim dalam az zakat, serta Imam Ahmad)

Abu Hurairah ra masih menyampaikan riwayat lain yaitu bahwa Rasulullah saw bersabda:

“Hari kiamat tidak akan terjadi hingga harta umat Islam demikian melimpah dan berlebihan, hingga orang yang memiliki harta kesulitan mencari orang yang mau menerima sedekahnya, dan jika ia memberikan sedekahnya kepada seseorang, orang yang akan diberi harta sedekah tersebut  berkata, “Aku tidak mau” (HR Muttafaq ‘alaih, lihat al-lu’lu wal marjan)

Hal ini dikuatkan oleh hadits marfu’ dari Abu Musa berikut:

“Akan datang masa di mana seseorang berkeliling dengan membawa sedekah dari emas, namun ia tidak menemukan seorangpun yang mau menerimanya” (HR Muttafaq ‘alaih)

Juga oleh hadits marfu’ dari Haritsah bin Wahb,

“Bersedekahlah kalian, karena akan datang masa di mana seseorang membawa sedekahnya namun tidak menemukan orang yang mau menerimanya. Orang yang akan diberi berkata, “Seandainya engkau datang kemarin niscaya aku mau menerimanya, sedangkan sekarang aku sudah tidak butuh lagi” (HR Muttafaq ‘alaih, dalam al-lu’lu’ wal marjan)

Inilah yang dimaksud firman Allah swt:

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi,” (Al A’raf: 96)

Sekalipun saat ini sebagian umat Islam di bawah tekanan para agresor dan sebagain lagi diselimuti perasaan inferior namun memiliki masa depan yang luar biasa gemilang yang tak akan pernah diraih oleh idiologi manapun.

Boleh baca ini:

Salju Turun di Padang Pasir Arab Saudi
UNESCO Rayakan Hari Internasional Bahasa Arab
Ayat Al Qur’an di Dinding Kampus Hukum Harvard
Gelandang Timnas Prancis Hafal 19 Juz Al Qur’an ?

Satu Tanggapan to “MASA DEPAN UMAT ISLAM”

  1. akbar 14/01/2013 pada 08:49 #

    Allahu akbar!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: